BURUNG PELATUK

pelatuk copyBurung pelatuk adalah salah satu jenis burung langka yang ada di negeri kita. Ada beberapa jenis burung pelatuk, namun yang paling banyak dicari adalah pelatuk bawang berjari 3 biji. Ya, memang benar, jarinya cuma ada 3, depan 2 belakang 1. Pun jadi belakang seolah menemel ke betisnya. Jari-jari ini berfungsi sebagai alat pegangan saat dia menempel di batang pohon yang tegak, sambil paruhnya mematok-matok batang pohon untuk dilubanginya.

Burung pelatuk juga sering kita kenal sebagai Woody Woodpacker dalam film kartun. Jens burung ini memang bersarang di rongga pohon, selain dia melubangi pohon untuk mencari makanan berupa semut, ulat dan serangga lainnya. Burung ini biasa bertelur dan mengerami telurnya hingga menetas di sarangnya yang ada di dalam batang pohon yang besar. Warnanya indah, suaranya menciap-ciap.

Apa keunikan burung ini? Entahlah, yang jelas saya suka dengan warna bulunya serta bentuk paruhnya. Selain itu, keunikannya adalah jari kakinya yang hanya berjumlah tiga. Memang ada jenis pelatuk lain yang berjari empat,namun agak kurang diminati pembeli. Sebab apa? Konon kabarnya pelatuk bawang berjari tiga ini ada disebut-sebut dalam berbagai kitab primbon. Karenanya bahkan kuku burung pelatuk bawang pun dicari orang. Ini berkaitan dengan hal-hal magic yang saya juga tak paham. Saya hanyalah penggemar, atau lebih tepatnya kolekdol. Koleksi barang langka lalu didol (dijual). he.he..

Nah, adakah diantara pembaca yang budiman berminat untuk memiliki burung Pelatuk Bawang yang langka nan unik ini? Cukup sediakan dana sebesar 250.000 (Dua ratus lima puluh ribu) rupiah Anda sudah dapat meminang dan mengadopsinya. πŸ™‚

Salam.

  1. 6 Juli 2013 pukul 9:15 am

    tq keterangan nya…aku justru dapatkan burung ini dirumah…pagi hari waktu itu burung ini nempel di kandang burung jalak yang aku punya..aku tangkap dia pake tangan…jinak sekali burung ini…aku cari di internet jenis burung apa ini sampai aku ke blog ini….tapi dia bisa makan pur…sebaiknya kandang dari apa ya…karna burung ini selalu mematuk …ok tq

  2. 6 Juli 2013 pukul 11:56 am

    Kandang pakai kandang besi (strimin) Mas, bisa bikin sendiri atau beli sangkar breeding Love Bird juga bisa. Tinggal kasih kayu gelondongan di dalamnya, biar buat sarang sendiri dengan paruhnya. πŸ™‚
    jangan lupa kasih EF Mas, jangan melulu voer saja. Kasihan sebab makanane sebenarnya serangga.

  3. gatot suharto
    25 September 2013 pukul 3:36 pm

    saya berminat pada pelatuk bawang, utk saya ternak, berapa satu psangnya, mohon minta nomor hapenya, trims

  4. 26 September 2013 pukul 10:34 pm

    Maaf mas Gatot, sementara Pelatuk Bawang lagi kosong. Besok jika ada anakannya lagi saya kabari. πŸ™‚

  5. ilhamekaprayoga
    5 November 2013 pukul 10:41 am

    bagusan cewe pa cowo ya burung platuk buat masteran itu

  6. isra
    4 Februari 2014 pukul 10:52 pm

    saya memliki satu ekor platuk bawang jantan yg mau saya jual,lw brminat hub 083180569521

  7. Setyo Aji Prabowo
    28 April 2014 pukul 9:34 pm

    Mas saya tuh dapet anakan Burung Pelatuk Bawang tpi saya pengen ngejinakin biasa kga Masteran ????

  8. firman
    4 Juni 2014 pukul 8:37 am

    apa jenis burung pelatuk bawang tidk bisa dimandikan..sy punya pelatuk bawang jantan mati setelah di semprot embun saran nya mas

  9. firman
    4 Juni 2014 pukul 8:40 am

    klo jenis kayu glondongan nya apa mas

  10. Andre
    13 November 2015 pukul 10:40 am

    mas masih ada Pelatuk Bawangnya?

  11. Rokhim
    14 Januari 2016 pukul 10:20 am

    minta alamat dan nomor hp boz.kalau pesan anakan 2 pasang berapa bos?

  12. Rokhim
    14 Januari 2016 pukul 10:57 am

    spasang anakan platuk harga berapa bos

  13. syarif
    28 Maret 2016 pukul 10:47 am

    saya juga pesan sepasang mas nomor hpnya kirim ke email saya saja mas. trims sebelumnya

  14. haris
    8 Oktober 2016 pukul 12:34 am

    M.Bro klo mau beli pelatuk bawang warna merah apa punya…

  15. Roywan tri3 subekti
    22 April 2020 pukul 1:32 am

    Saya Berminat untuk membeli,kalo bisa minta nomernya kirim lewat email

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan komentar