Beranda > Uncategorized > OMBYOKAN

OMBYOKAN

Ombyokan

 

img_20180916_075217-2056170380.jpgIstilah ombyokan, semasa kecil saya dahulu dipakai untuk sejumlah sayur yang diikat agak besar. Jika seikat kecil namanya sak-unting.

Tapi kini ombyokan ternyata dipakai pula dalam dunia burung. Jadi kalau ada sejenis burung pleci misalnya, sekandang kotak LB berisi 50-100 ekor pleci jaringan itu biasa disebut ombyokan. Harganya sangat² murah kala beberapa waktu yg lalu. Kisarannya cuma 3k/ekor. Fantastis bukan?

Tapi itu dulu, beberapa bulan yg lalu. Kini ombyokan pleci, pendhet dll sudah sulit kita temui. Jikalau ada, sudah bukan ombyokan lagi. Harganya pun sudah tinggi. Sebab apa? Ternyata di alam aslinya berbagai jenis burung itu sudah sulit ditemui.

Saat masih melimpah dahulu, para penjaring dan terusannya berpikir bahwa satwa segitu banyak yg disediakan alam tak mungkin habis kita jaring. Tur juga kan ini buat mata pencaharian, untuk cari makan. Dan bermacam lain pemikiran. Mereka tak bisa didebat, pokok dapat makan. Entah makan apa yg dimaksud. Repot lagi, jika kemudian bilang, “jenis ini habis ya ganti lainnya to Mas.” Lhadalah. Ini cari makan atau langkah pemusnahan, kok ndugalnya sangat ugal²an.

Semoga satwa kita aman dari ancaman kemusnahan.

Kategori:Uncategorized
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: