Beranda > Uncategorized > JOGJA ISTIMEWA

JOGJA ISTIMEWA

~~=[  DWISaat saya kecil dulu, ketika angkutan umum masih berupa kol (mobil dengan pintu di belakang dan kursi di kanan-kiri berhadapan) jogja sungguh istimewa. Istimewa dalam arti yang sebenarnya, setidaknya untuk diri saya yang ndesa.

Tak pernah orang menyebut pasar beringharjo misalnya, saat ke Jogja Kota. Mereka akan bilang “arep nang negara”. Mau ke kota. Sehingga kemudian muncul guyonan, “pengin gedhang? Negoro lor kono!” Sebab jogja terletak di sebelah utara dusun saya. Jogja, begitu istimewa.

Saat ada hajat mantenan, semua orang yang sudah berkeluarga akan mengenakan sorjan lengkap dengan kerisnya. Hingga kini bapak saya pun masih lengkap koleksinya. Sangat istimewa.

Jika ada pagebluk atau sejenisnya, Sultan akan paring dhawuh untuk pasang kupat luar atau apa lupa sudah saya, yang jika ditarik ujungnya akan udar berantakan. Kupat seperti itu biasa dipakai penari ledhek untuk menyebar beras. Tentu tak hanya kupat, tapi disertai ubo rampe lainnya; dhong dadap serep, janur, kembang dan lain-lainnya. Dan masyarakat Jogja sendika dhawuh semuanya. Sungguh istimewa.

Terebih saat perayaan sekaten. Rakyat Jogja berjubel di alun-alun lor, merayakan sekatenan dengan penuh suka cita. Di saat itulah pusaka-pusaka kraton dipamerkan, warga bisa melihat dan mendengar suara gamelan guntur madu. Pasukan lombok abang berbaris sangat berwibawa. Di waktu lain, kecil kemungkinan kita bisa melihatnya. Istimewa sekali.

Bahkan konon, antara laut selatan-Gunung Merapi ada sebuah jalan tol yang tak bisa dilihat sembarang orang. Di alas kulon omah, dilalui lintasan itu. Dahulu sekali, saat saya masih kanak-kanak, sering pada malam tartamtu terdengar suara tabuhan yang katanya itu iring-iringan Kanjeng Ratu Laut Kidul. Entah benar atawa tidak, sungguh terasa begitu istimewa bagi saya.

Tentu banyak keistimewaan lainnya. Dan kini, Jogja semakin istimewa. Istimewa orangnya, istimewa negerinya. Sudah, itu saja.🙂

Kategori:Uncategorized Tag:
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: