Beranda > Uncategorized > Jawa Alusan

Jawa Alusan

Jawa Alusan; kata bobotoh

Kurang lebih selang 8 rumah dari kebun ayam yg kukelola, kanan jalan tepat terhimpit 2 rumah yg ukurannya lebih kecil, ada sebuah rumah yg lumayan besar dan bagus. Rumah itu dikelilingi tembok yg rapat, kecuali sebagian depannya; agak sedikit ada lubang pada pintu gerbangnya. Tiap kali lewat, aku melihat banyak kurungan ayam di halamannya. Pagi tadi, sekiranya sejam yg lalu, aku lewat dan melihat sang pemilik rumah sedang memandikan ayam jago. Berhenti dan aku segera menemui. Dia, yg aku maksud tadi, ternyata seorang botoh ayam.

“Pagi Mas…”
“Eh, pagi juga.. Nengok kebun Mas?”
“Iya Mas, mumpung longgar. Ayamnya bagus ya Mas?”

Dia terlihat selesai memandikan ayame, dan lalu merentang2kan sayap ayam itu sambil diangkat lalu dilepas. Lalu masuk kurungan untuk dijemur.

“BK ori ya Mas?” Tanyaku
“Bukan Mas, jawa alusan.”
“Jawa alusan? Maksudnya?”
“Paceknya china biangnya Jawa.”
“Oooo…”
“Kecil ukurane ya Mas?”
“Iyo Mas, ukuran 5-6, kalem tapi sangar. Tiga kali abar di kalangan belum pernah kalah.”
“Woo.. Sangar yo Mas. Mahal mesti..”
“Gak Mas, ayam murahan. Tampangnya jelek. Maine juga gak bagus2 amat sebenere, hanya sebagai bobotoh kita kudu pinter nyari lawan. Kemarin barusa menang lawan jago yg ukurane lebih gedhe lho Mas.”
“Wah, sangar dong. Dapet duit berapa Mas?”
“Wah, bagi saya bukan duitnya saat menang di kalangan tujuan utamanya Mas. Tapi justru setelah kluar kalangan.”
“Maksudnya Mas?”
“Hehe.. Rahasia bobotoh Mas.”
“Woo…”
“Teknik tarunge gimana ayam nih Mas?”
“Dia santai kok Mas, gak galak2 amat. Main timpuk lari. Kadang pukul syaraf. Mentale gak bagus sih, tapi Jagowi ini tahu kalo tak kasih instruksi.”
“Jagowi? Hahaha…”
“Iya Mas, paceknya dulu beli di dekat tol jagorawi, maka turunane tak kasih nama itu. Ada filosofi lain sih, tapi rahasia. Hahaha..”
“Woo.. Botoh gemblung. Hahaha”
“Rokok Mas?” Dia menawarkan.
“Maaf Mas, ana shoimun. Lagi puase kate orang jakarte. Hehe..”
“Dapet dr kalangan kmarin yo Mas?”
“Iyo. Hahaha.. Masnya tau aja. Alhamdulillah lumayan Mas, sekali mbotohi samsu sekardus bisa terbeli.”
“Wkwkwk.. Wis Mas, mo ke kebun ayamku dulu. Kerja kerja dan kerja. Jangan ngadu jago dan botohan saja.”
“Hahaha… Lha itu saya juga kerja je Mas, kerjaan saya memang begitu itu. Mbotohi jago2 yg maju kalangan. Dan anehnya saya selalu menang. Di jateng, di jakarta, di bali.. Pokoknya Bangkok gak da matinya dach Mas.”

Aku berlalu meninggalkannya. Bobotoh edan, nggak pernah puasa. Kemenangan berdarah yg disyukurinya. Duh… Gila

Kategori:Uncategorized
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: