Beranda > Uncategorized > BAGAIMANA CARA MEMBEDAKAN KELAMIN JANTAN DAN BETINA PADA DOC (Day Old Chick)?

BAGAIMANA CARA MEMBEDAKAN KELAMIN JANTAN DAN BETINA PADA DOC (Day Old Chick)?

280094_118406211588010_2179509_oDOC merupakan singkatan dari Day Old Chick yang merupakan istilah untuk anak ayam yang berumur satu hari. Saat umur kurang dari satu bulan jenis ayam sulit untuk diketahui jenis kelaminnya. Hal tersebut menyebabkan orang awam tidak bisa membedakan jenis kelamin ayam pada usia tersebut.

Para peternak menggunakan beberapa cara sesuai dengan pengalamanya dibidang peternakan ayam untuk membedakan jenis kelamin pada anak ayam. Ada peternakan yang membedakan jenis kelamin anak ayam dengan cara melihat jengger, bulu, atau kaki anak ayam. Namun, Ada pula peternak yang melihat dari kloaka anak ayam tersebut. Metode ini anak ayam umur seharipun sudah dapat memastikan jenis kelaminya.

Sebelumnya, temen-temen harus mengetahui apa sih kloaka itu?. Kloaka (Latin: Cloaca) adalah lubang posterior (belakang tubuh) yang perfungsi sebagai satu-satunya lubang untuk saluran pencernaan, urin, dan genital pada spesies tertentu. Seperti pada bangsa burung, reptil, amfibi, dan ikan.

Cara memastikan jenis kelamin dengan metode melihat kloaka ini lebih tepat, tetapi lebih membutuhkan keterampilan dan pengalaman. Cara tersebut dapat dilakukakan paling lambat 36 jam setelah menetas. Pada saat tersebut anak ayam tidak perlu diberi makan dan minum karena masih ada cadangan makanan. Pada saat itu juga kloka tersebut belum mengeras sehingga memudahkan seleksi dan mengurangi stress pada DOC.

Nah, dari kloaka tersebut kita dapat memastikan apakah DOC itu jantan atau betina. Organ kelamin jantan akan tampak kecil sekali, bentuknya menyerupai seperti kepala jarum. Sedangkan pada betina bentuk itu jarang ditemukan.

Bagaimana sih langkah-langkahnya? Begini caranya:

1. Anak ayam yang baru menetas dipegang dengan tangan kanan
2. Lehernya dijepit di antara jari tengah dan jari manis tangan kiri
3. Perut bagian bawah diraba dengan ibu jari dan kelingking tangan kiri. Hal ini untuk memberihkan feses yang terdapat pada anus
4. Kemudian punggung DOC diketuk-ketuk perlahan dangan jari tengah tangan kiri hingga kotoran terjatuh
5. Bagian bawah lubang kloaka ditekan dengan ibu jari tangan mengarah ke atas
6. Telunjuk tangan kanan juga ditaruh pada anus
7. Ketiga jari- telunjuk kanan, ibu jari kanan, dan ibu jari kiri- digerakan bersama-sama sehingga anus terbuka dan kloaka bagian dalam menonjol keluar
8. Kloka dapat diamati di bawah lampu atau di penyinaran yang cukup. Jika ada tonjolan sebesar kepala jarum berarti DOC tersebut jantan.

Semoga info tersebut memberikan informasi dan ilmu kepada kita semua untuk membedakan jenis kelamin DOC.

Keterangan Gambar:
ada di sini.🙂

Salam.

note: IPB

  1. 13 Juli 2014 pukul 7:17 pm

    Sulit bnget. Jadi bingung

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: