Beranda > catatan harian, motivasi, Uncategorized > Indonesia Gagal Masuk Semifinal Piala AFF 2012

Indonesia Gagal Masuk Semifinal Piala AFF 2012

Malam ini (01 Desember 2012) pukul 19.00 wib saya menyempatkan diri menonton sepak bola. Ya, pertandingan antara Indonesia vs Malaysia dalam babak penyisihan di Grup B untuk mendapatkan tiket maju ke babak semifinal piala AFF 2012. Saya bukanlah pecandu sepak bola, namun untuk setiap TIMNAS bermain melawan negara lain saya selalu berusaha mencari tempat untuk bisa mengikuti siarannya. Biasanya saya akan meluncur ke warung kopi. Sambil ngudud tentu saja.🙂

Sungguh deg-degan saya sejak di awal permainan malam tadi, sebab di awal pertandingan betapa TIMNAS mampu mendesak pertahanan Malaysia dan berkali-kali menciptakan peluang emas untuk dapat melesakkan goal ke gawang harimau malaya. Tapi gagal dan lagi-lagi gagal. Tiba-tiba saja tekanan darah saya naik. Dadaku bergemuruh.

Teriakan para suporter dan penontoh seantero jagat Indonesia betapa bangga dengan permainan awal tim yang dibanggakannya itu. Tentu juga saya. Betapa bangga saya kepada Timnas Indonesia.

Namun tiba-tiba suasana berubah 180 derajat. Para pendukung dan penonton sepak bola di Indonesia beramai-ramai “menghujat” pemain Indonesia saat gawang Wahyu Tri kebobolan bahkan hingga 2 kali. Ya, Timnas Indonesia kalah lagi. Terpaksa tim kesayangan kita bertekuk lutut di hadapan harimau malaya. 2-0 untuk Malaysia. Indonesia gagal masuk babak semi final Piala AFF 2012.

Tidak mengapa. Saya anggap ini adalah sebuah pembelajaran bagi kita. Betapa kita masih lemah, bahkan bukan hanya dalam hal persepakbolaan. Menguasai diri pun kita belum mampu. Saya lihat betapa banyak komentar miring di face book yang ditujukan kepada para pemain Indonesia. Memang kita boleh kecewa, namun cacian bukanlah solusi terbaiknya. Karena saya yakin para pemain kita sudah bermain mati-matian, hanya demi memberi rasa kebanggan kepada kita semua.

Selamat pulang ke Indonesia, Para Pemainku. Aku tetap bangga kepadamu. Maafkan aku karena lupa menyeduhkan jamu tolak angin. Andaikan aku tidak lupa, tentu kalian akan pintar atau setidaknya bejo. Sekali lagi selamat, aku tetap bangga pada kalian. Waktu mendatang masih ada banyak kesempatan. Gunakan sebaik-baiknya, jangan lupa minum jamu tolak angin.

Salam.

  1. 2 Desember 2012 pukul 9:25 am

    yah,gak rezeki kita kali masuk ke semifinal….manatau tahun depan kita bisa masuk ke semifinal dan mengalahkan malaysia…
    mau kalah mau menang syukuri aja gk ush kecewa…tahun depan kan ada lagi piala aff nya dan pada tahun depan itulah saatnya kita balas dendam sm malaysia

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

