BATAS

Apa sebenarnya batas itu? the embuh pokoknya. the embuh karena saking banyaknya dan saya tak punya kapasitas untuk menjelaskannya. Pokoknya, setahu saya ya batas. hehe.. kalau kita bermain sepak bola, maka daerah bermain akan dikelilingi garis yang melarang kita keluar dari padanya. Bahasa inggrisnya line. Jadi batas bisa jadi adalah line atau line adalah batas. the embuh lah pokoknya.

Saat mengetik di selembar kertas, juga ada batas kanan, kiri, atas dan bawah. tak ada batas pojok. keempat batas ini saya kenal dengan istilah margin. Jadi batas juga margin, atau margin adalah batas. Sedang pada istilah lain margin juga disamakan sebagai pinggir. Kaum marginal adalah orang pinggiran. maka hati-hati Kawan, berjalanlah di margin jalan. Kalau ada duri atau pecahan kaca di jalan, tolong dimarginalkan biar tak terinjak kaki-kaki kaum marginal.

Daerah kita juga memiliki batas. Batas antara daratan dan lautan namanya pantai. Lha kalau batas pantai apa? ya darat dan laut itu. hehe.. seperti angkatan saja ya, ada angkatan darat ada angkatan laut. Laut itu menarik, begitu indah namun kadang garang. Saya ingin sesekali ke tengah laut, namun selalu gagal membangun keberanian. Takut tenggelam dan jadi santapan ikan. matilah saya. Oh, iya. mati juga ternyata adalah batas. Batas umur manusia. Umur kita sangat terbatas, maka sambunglah dengan tulisan.

di pesbuk saja, ternyata banyak teman yang pintar. ada yang pintar bikin puisi, pintar bikin cerpen, pintar bikin prosa, pintar bikin novel, pintar nulis novel, pintar memelihara ayam, pintar menjinakkan macan, pintar ngoprek komputer, pokoknya yang pintar-pintar selalu ada. Saya juga ingin semuanya. Pengin pintar jadi sastrawan, pintar jadi peternak, pengin pintar jadi penulis, pengin pintar ngoprek komputer, pokoknya pengin bisa semuanya. Apa mungkin bisa? Sangat mungkin, tetapi sulit. Tak ada manusia yang pintar segalanya. Maka kembali ke batas. manusia hidup penuh keterbatasan.

Itulah sebabnya Tuhan melarang manusia bersikap Sombong.

Salam.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: