JANGKRIK

JANGKRIK

Harga jangkrik nampaknya mulai naik. Saban hari saya membeli jangkrik, untuk pakanan pitik. Tak harus yang bisa ngengkrik, karena yang dibutuhkan bukan engkrik jangkrik.

Beberapa waktu yang lalu saya nyolong buku. Judulnya beternak jangkrik. Ternyata jangkrik mudah diternakkan, pun hasilnya nampak menggiurkan. Dalam buku itu dijelaskan bahwa untuk mendapatkan hasil yang bagus maka dibutuhkan indukkan yang juga super. Gemuk dan lincah. Indukan semacam ini bisa didapatkan dari membeli, namun juga bisa cari sendiri di sawah ladang milik Pak Tani.

Maka saya pun pulang kampung. Berniat mencari indukan jangkrik, untuk dibudidayakan agar tak lagi saya harus keluar banyak uang untuk membeli jangkrik. Mengapa mesti pulang kampung? Ya, karena saya tahu dan paham betul kondisi sawah dan tegalan di kampung saya dan di mana biasanya jangkrik bersembunyi. Di massa kecil dulu saya senang mencari jangkrik. Ngongkel-ongkel galengan, pematang sawah, untuk mendapat jangkrik aduan.

jangkrik ada bermacam jenis yang saya kenal. Ada jangkrik jlitheng, ada jrabang, ada jangkrik mbering, clupo, clondo, jangkrik hutan, jangkrik tenan…
bapak saya heran, melihat saya pulang sendirian. Lalu maksud kuutarakan. Bapak saya tertawa, lalu bilang kepada saya,”Sekarang jangkrik sudah langka, entah kenapa. Tak lagi terdengar suaranya meski kita tinggal di desa.”

Maka jangkrik semakin jarang dan termasuk ke dalam daftar barang langka. Lalu apa yang saya dapat setelah jauhjauh pulang ke desa? tak dapat apa-apa. Jangkrikkk….

  1. 8 September 2013 pukul 7:39 am

    My spouse and I absolutely love your blog and find a lot of
    your post’s to be what precisely I’m looking for. Do you offer guest writers to write content
    for yourself? I wouldn’t mind publishing a post or elaborating on some of the subjects you write regarding here. Again, awesome web site!

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

