Beranda > Uncategorized > Nyeri Gigi

Nyeri Gigi

menurut para pakar kepenulisan yang pernah saya baca juga saya dengar, bahwa dalam kondisi apapun agar kita tetep bisa nulis. tuliskanlah segala apa yang anda rasakan. itu yang paling gampang.

nah, saya ini lagi bingung mau nulis apa, maka saya tuliskan saja bahwa gigi saya lagi sakit. uh. nyeri sekali, rasanya seperti dilolosi tulangtulang ini. tapi tak apa. sakit gigi adalah hal yang biasa bagi saya semenjak jadi mahasiswa. sakit gigi dan saya, sudah menjadi teman akrab sejak lama.

biasanya, jika sahabat karibku itu datang, aku langsung pulang kampung minta dikeroki simbok. itupun kalau masih ada dana sisa untuk perjalanan pulang. kalau tidak, maka terpaksa aku tahantahan juga.

dari seringnya aku ketemu sahabatku, si sakit gigi itu, akhirnya saya tahu bahwa sakit gigiku selalu menghampiriku disaat aku sedang kurang gizi (untuk tidak mengatakan kurang makan), kecapekan (daya tahan tubuh menurun), dan kedinginan. jika ketiga kondisi itu mengumpul jadi satu; sudah kurang gizi, tubuh kecapekan, ditambah lagi hawa yang dingin menusuk tulang, nah datanglah dia menyerang. cnuuutt…cnuutt..

addhhuuuhh….

saat aku kecil dulu, jika kena sakit gigi ada yang menyarankan agar dikasih tlutuh awar-awar (getah daun awar-awar) untuk menghilangkan rasa sakit yang nyeri itu. dan benar sekali memang, sakit gigi segera hilang. namun bersamaan dengan itu, hilang pula gigi kita. he.he.. ternyata tlutuh awar-awar itu kerjaanya merompalkan, merusak gigi kita, manusia. ada yang lain lagi. saat sakit gigi, kita seringkali akan merasa nyaman jika pipi kita ditempelkan pada lantai atau dinding yang dingin. atau, bisa juga ditempeli es balok, es batu. cess…anyes sekali rasanya saat itu juga. tapi tahukah anda? ternyata hal itu salah kiranya. saya tahu hal ini karena sering konsultasi masalah gigi. suhu yang dingin itu ternyata tak akan mampu membunuh kuman yang ada di gigi kita yang bolong. bisa jadi, justru akan menambahnya beranakpinak.

lalu kucoba obat penahan nyeri. oabat pengurang rasa sakit/nyeri, tersedia banyak sekali di warung sebelah rumah. manjur memang obatobat itu. tapi hanya sebentar saja. setelahnya, akan sakit kembali. aku ini, pelanggan sakit gigi. bahkan obat sakit gigi aku hapal hingga kini. amoxicilin, ctm, asam mefenamat, vitamin. :)itu saja.

Nyeri Gigi

cnuuutt……cnuuuutttt…ceeennnnuuuuttt….
addhuuuhhh…nyeri sekali.
gigiku krowok, sakit sekali.
dari ujung rambut hingga ujung kaki
semua serasa dilolosi.

krethuk..krethuk…
gigiku gemeretuk
rahang bergetar
hawa dingin menebar.

addhuuhh…sakit sekali!
rawat gigimu baikbaik ya, kawan.
jangan sekalikali kau lubangi.

2011

Kategori:Uncategorized
  1. 22 Oktober 2011 pukul 12:12 pm

    Sakit gigi kok kerokan ? gak nyambung mas prof,,, hehe

    • 24 Oktober 2011 pukul 10:42 am

      he.he.. Mas Oce, setahu saya, bahwa sakit gigi yang kuderita itu sebagai efek dari masuk angin. jadi ya, kerokan biar mengurangi sakit.🙂
      Selain sebenarnya, bahwa untuk menahan rasa sakit dengan sakit yang berlebih. Maksudnya, saat kerokan itu sakit smua, karenanya nyeri gigi dianggap hilang. begitcu Mas Oce..he.he..

  2. hendra
    27 Juni 2012 pukul 10:58 pm

    Obat sakit gigi yg paling mujarab adalah kerokan. Percaya atau tidak saya sudah mencobanya.

    • 27 Juni 2012 pukul 11:25 pm

      Makasih Mas Hendra, benar apa yang Mas hendara katakan. Saya juga demikian kok Mas, setiap sakit, entah sakit apa saja, selalu minta dikerokki sama simbok. Tuh, di tulisan saya juga sudah saya sampaikan kan? we.he.he..🙂

      salam.

  3. 12 November 2012 pukul 8:16 pm

    kalau sakit gigi kerokan jelas nyambung kok,karena sakit gi2 yang paling sakit itu disebabkan oleh angin yang masuk ke tulang,nah itu sulit sekali nyembuhinnya..,tapi kalau dikerokin,kerasa enak banget..,ya,sakitnya ilang,tp klau suhu dingin lg,kambuh lagi deh

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

