Beranda > fisika, guru > Panas-Panas Kok Minum Es..

Panas-Panas Kok Minum Es..

Siapa sih yang tak suka minum es teh? Anda pasti suka kan?
Nah, ada sedikit yang ingi saya tuliskan mengenai es teh ini dalam tinjauan ilmu fisika. sebelumnya, perkenankan saya bertanya terlebih dahulu, “Pada saat mana Anda tertarik untuk minum es teh, pada saat udara panas atau saat malam yang dingin?” Baik, saya menebak, Anda akan lebih senang minum es teh pada siang hari yang panas. Benar kan?

Nah perlu kita ketahui, bahwa sebenarnya minum es teh pada saat panas terik itu ternyata kurang pas. apa pasal? Contoh gampangnya demikian; Pernahkah anda menuangkan air panas ke dalam gelas, dan tibatiba gelas itu pecah? Atau pada saat lain, cobalah untuk membakar segenggam batu hitam, lalu setelah panas, siramlah batu itu dengan air. Apa yang terjadi? Satu lagi, pernahkah anda perhatikan bahwa, setelah panas (kemarau) berkepanjangan dan tibatiba turun hujan genting rumah kita banyak yang pecah (retak)?

Dalam ilmu fisika, berbagai kejadian itu disebut tremor (perubahan suhu secara mendadak) yang menyebabkan terjadinya pemuaian yang tidak rata. Nah, di saat udara panas, tubuh kita juga mengalami kenaikan suhu. Jika kemudian kita minum es, maka akan terjadi perubahan suhu yang mendadak. Jika terjadi pemuaian yang tidak merata maka sertamerta kita bisa mengalami pusing kepala. Atau setidaknya, gigi kita akan menjadi rapuh. Yang lebih lucu lagi, ada orang yang sehabis makan bakso yang kemebul langsung minum es campur. Huft..kasihan giginya ya?!

salam es..
SR.

Kategori:fisika, guru
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: