Beranda > motivasi, Uncategorized > Sudahkah Anda menabung hari Ini?

Sudahkah Anda menabung hari Ini?


Pernah suatu ketika, seorang teman kebingungan mencari uang pinjaman. Untuk apa? Untuk mengembalikan uang hasil tabungan muridmuridnya, yang tidak terasa telah habis digunakannya. Tak tanggungtanggung, jumlahnya hingga puluhan juta. Kok bisa? Ya bisa dong…Indonesia gitu lhoh.🙂

Pernahkah Andika mengalami hal serupa? jika pernah, jangan diulang. Mulailah menabung dari sekarang,jangan justru menghabiskan uang tabungan orang. menabung memang tidak mudah, bagi yang belum terbiasa. Menurut kabar, sebagian orang cina sudah mulai menabung untuk anaknya semenjak si bayi masih dalam kandungan. sehari Rp. 1.000,- tapi konsisten. Setiap hari Rp. 1.000,- dan tak boleh lebih apalagi kurang. meskipun dapat uang berlebih, nabungnya harus sama saban harinya. Yakin, suatu saat akan terkumpul dana besar dengan tidak terasa, seperti halnya teman saya yang memakai uang tabungan yang dipakai itu.

Menabung, bagaimana caranya?

Banyak cara untuk bisa menabung. Kalau simbah saya dulu, cara menabung yang aman adalah disimpah didalam ruas bambu tempat tidur. Jaman dulu, amben (tempat tidur) terbuat dari bambu. Kalau tidak, bisa juga dengan membuat galian di salahsatu ruangan rumah, lalu dibuat semacam celengan untuk menyimpan uang. Atau ada juga yang di cagak kandang sapi.Hasilnya luar biasa. Simbah saya kaya raya.

Namun jaman sekarang sudah beda. Banyak bank berdiri di manamana. Baik Bank Konvensional maupun bank Syariah. Hanya sayangnya, kebanyakan orang di tempat saya memanfaatkan bank bukan untuk menabung, melainkan untuk meminjam uang.

Kita ini sudah diajari menabung semenjak sekolah. Baik di SD, SMP, maupun SMA. Namun setelah dewasa, kita lupa kegiatan itu. Lupa menabung. Padahal jelas banyak terpampang di setiap tempat sebuah tulisan “Menabung untuk masa depan.” Yang seringkali kita lakukan justru berfoyafoya. Makan enak jika ada duit berlebih, puasa berharihari juga kuat jika tak ada uang. Aneh memang.

Seringkali saya juga menjumpai wanitawanita cantik keluar masuk kantor, menawarkan kredit berbunga lunak. Inilah rupanya salah satu penyebanya. Bank tidak lagi menawarkan diri sebagai tempat menabung, namun lebih menekankan pada pinjam meminjam. Saya sarankan, jangan tergiur dengan bujuk rayu wanitawanita cantik ini.

Nah, sekarang saya bertanya: SUDAHKAH ANDA MENABUNG HARI INI?

Terusterang, saya belum. he.he..

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: