Beranda > guru, motivasi, Uncategorized > STOP! Jangan Beli Buku!

STOP! Jangan Beli Buku!

Anjuran saya tersebut bukan mainmain. Tidak pula sendagurau. Saya serius. STOP! jangan pernah lagi beli buku, kecuali Anda siap untuk kecewa seperti halnya pengalaman saya. Semenjak beberapa tahun yang lalu, saya sudah putuskan untuk tidak lagi membeli buku. Virus anti buku itupun saya sebarkan ke hampir semua temanteman dan orang yang saya kenal. Apa pasal? Saya, dengan sedikit uang yang saya miliki dari hasil menabung berbulan-bulan, telah membeli buku atas saran guruguru saya di sekolah. Betapa tidak, demi mendapatkan ilmu pertanian yang memadai, saya telah menahan diri untuk tidak makan bakso ataupun jajanan lainnya selama beberapa bulan. Uang yang saya dapatkan dari buruh macul sawah tetangga saya kumpulkan untuk sekedar membeli buku “Pandai Bertani” yang saya impikan.

Saya sungguh kepencut terhadap buku itu karena selain tebal, ringkasan di cover belakang luar juga sungguh aduhai. Sesungguhnya saya ingin membaca secara gratis di toko buku itu, namun toko tidak menyediakan buku sample. Semua buku terbungkus rapat dengan plastik, agar kelihatan lux. Bapak sayapun senang, karena saya mau belajar bertani yang baik dari sebuah buku. Saking senengnya, bapak saya hingga meneteskan air mata. Kemungkinan besar karena trenyuh, sedih, dan salut atas keputusan saya untuk menahan keinginan jajan hanya demi sebuah buku pertanian.

Dengan hati berbunga saya bawa buku itu ke emperan rumah, dan di hadapan bapak dan simbok, saya buka plastik pembungkusnya dengan hatihati. Itu buku pertama yang saya miliki ketika masih SMP. saya buka halaman demi halaman, penuh dengan gambargambar berwarna memenuhi banyak halaman.

Saya terhenyak. Ternyata isi buku itu tidak sesuai dengan ringkasannya, hanya sedikit menyinggung praktikpraktik pertanian sebagaimana yang saya butuhkan. Saya sungguh kecewa. Pengorbanan yang siasia sekali. Maka sejak itulah, saya memutuskan untuk tidak lagi membeli buku. Maka kepada handai taulan di manapun berada, saya sarankan.

JANGAN PERNAH BERNIAT MEMBELI BUKU!

STOP BELI BUKU!

NIATKAN SAJA SEKEDAR MEMBELI SEGEPOK KERTAS,

JIKAPUN ADA ILMUNYA, ANGGAP ITU SEBAGAI BONUS UNTUK ANDA.

Dengan begitu, saya yakin, anda tak akan pernah kecewa tatkala buku yang Anda beli ternyata tidak seperti apa yang Anda harapkan.

Salam,

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: