Beranda > cerpen, fisika, guru, motivasi, sains, Uncategorized > Lama gak nulis, kangen juga ternyata.

Lama gak nulis, kangen juga ternyata.

Terlalu sibuk berkompasiana, berfesbuk, ngeblog di tempat lain, hampir saja membuatku lupa dengan blogku yang satu ini. terus terang aku kangen nulis di sini lagi. Kangen? ya, bagi yang senang dan gemar nulis karena baru saja bisa menulis, tidak menulis barang satu postingan dalam sehari rasanya kangen sekali, bahkan tersiksa.

baik, tapi aku harus nulis apa? banyak sebenarnya yang bisa kita tulis, karenanya kita seringkali bingung yang mana yang harus kita tulis. misalnya tentang guru. guru ada bermacam jenis. dari sifatnya, kelakuannya, karakternya, maupun statusnya.
status? ya. Statusnya memang gru, sebagai pengajar sekaligus pendidik. tambahannya, juga sebagai pembelajar. Meski telah menjadi guru, kita harus tetap selalu belajar. di manapun, kapanpun.

kembali ke masalah status. ada beberappa status guru yang bisa anda ketahui. pertama GTT (guru tidak tetap). Guru berstatus GTT digaji berdasarkan jumlah jam mengajar. ratarata perjamnya dia dibayar Rp. 15.000,-. tapi bisa berfariasi, mulai dari Rp. 10.000,-/jam, hingga Rp. 40.000,-/jam. bergantung kemampuan sekolah atau yayasan penyelenggara pendidikan.

kedua, GT (guru tetap). Guru berstatus GT digaji tetap oleh yayasan penyelenggara pendidikan. Jika ayasan besar, gaji GT bisa melebihi gaji PNS untuk golongan ruang yang sama. Dalam hal jumlah jam mengajar, bergantung pada kebijakan yayasan/sekolah. Namun biasanya mengikuti standar PNS.

Ketiga, guru Honorer. Guru honorer, adalah GTT yang mengabdikan dirinya di sekolah negeri. Guru berstatus ini biasanya mendapat uang kesejahteraan dari pemerintah daerah, meski jumlahnya tidak seberapa jika dibanding PNS. hanya saja, dibanding GTT ataupun GT dia lebih punya harapan untuk diangkat menjadi PNS secara otomatis.

keempat, PNS. ini guru yang paling sejahtera (kabarnya lhoo..) karenanya, banyak yang mengimpikan, bahkan jika perlu menggunakan caracara yang tidak benar untuk bisa meraih status Guru PNS.

Bagaimana dengan Anda?

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: